Comments

Cara Gampang Membuat Rendang Ayam (Tanpa Cabe Merah Besar) Anti Gagal

Rendang Ayam (Tanpa Cabe Merah Besar).

Rendang Ayam (Tanpa Cabe Merah Besar)

Lagi mencari inspirasi resep rendang ayam (tanpa cabe merah besar) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal rendang ayam (tanpa cabe merah besar) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari rendang ayam (tanpa cabe merah besar), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan rendang ayam (tanpa cabe merah besar) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat rendang ayam (tanpa cabe merah besar) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Rendang Ayam (Tanpa Cabe Merah Besar) memakai 21 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Rendang Ayam (Tanpa Cabe Merah Besar):

  1. Ambil 1 ekor ayam.
  2. Ambil 2 sachet santan instant.
  3. Ambil 200 ml air.
  4. Gunakan Secukupnya garam.
  5. Gunakan 1 sdm gula merah.
  6. Gunakan 3 sdm minyak untuk menumis.
  7. Siapkan Bumbu Halus.
  8. Ambil 5 siung bawang merah.
  9. Gunakan 3 siung bawang putih.
  10. Siapkan 10 buah cabe merah keriting.
  11. Ambil 1 ruas jahe.
  12. Siapkan 1 ruas kunyit.
  13. Sediakan 1 sdt ketumbar bubuk.
  14. Ambil 1/4 sdt jinten.
  15. Siapkan 1/2 sdt lada bubuk.
  16. Gunakan 3 butir kemiri.
  17. Siapkan Bumbu Pelengkap.
  18. Gunakan 2 lbr daun salam.
  19. Ambil 4 lbr daun jeruk.
  20. Ambil 1 btg sereh, geprek.
  21. Ambil 1 ruas lengkuas, geprek.

Cara membuat Rendang Ayam (Tanpa Cabe Merah Besar):

  1. Siapkan semua bahan. Ayam dicuci bersih, kucuri air jeruk nipis, diamkan 5 menit, bilas. Seperti biasa kalau pakai ayam negri, saya rebus ayam sebentar dalam air mendidih, sampai keluar busa kotornya. Angkat ayam, bilas lagi dengan air. Tiriskan. Ulek bumbu halus dan siapkan bumbu pelengkap..
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, masukkan lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan sereh. Aduk-aduk sampai harum dan bumbu tanak. Masukkan air+1 sch santan instant, aduk-aduk agar santan tidak pecah. Kalau sudah mendidih, masukkan ayam. Aduk merata..
  3. Tambah garam dan gula merah, koreksi rasanya. Masak sampai ayam setengah matang, masukkan 1 sch santan instant, aduk rata. Kecilkan sedikit api kompor, teruskan memasak sampai santan menyusut dan ayam empuk. Sesekali diaduk ya supaya tidak gosong. Rendang ayam siap disajikan. Jika ingin dibuat stok, tunggu sampai suhu dingin suhu ruang, lalu masukkan ke wadah, tutup rapat, simpan di freezer/chiller, sesuai kebutuhan saja ya..

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan rendang ayam (tanpa cabe merah besar) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

LihatTutupKomentar